Grand Prix Sepeda Motor F.I.M. musim 1999 | |||
Sebelum: | 1998 | Sesudah: | 2000 |
Juara Dunia 1999 500cc – Àlex Crivillé ( Honda ) 250cc – Valentino Rossi ( Aprilia ) 125cc – Emilio Alzamora ( Honda ) |
Grand Prix Sepeda Motor musim 1999 adalah musim Kejuaraan Dunia F.I.M. ke-50.
Ringkasan Musim
Dominasi dari Mick Doohan telah berakhir dengan cedera serius yang dialami oleh Mick Doohan pada sesi latihan . [ 1 ] Dengan absennya Mick Doohan, rekan satu timnya Àlex Crivillé stepped forward dan berhasil menjadi juara dunia . [ 1 ] Kenny Roberts, Jr. memberikan performa terbaiknya dengan finish di posisi kedua klasmen dengan 4 kemenangan termasuk kemenangan yang mengejutkan melawan Doohan di Jepang. [ 1 ]
Valentino Rossi melanjutkan karirnya bersama Aprilia , dengan berhasil memenangkan 9 balapan dan berhasil mengklaim gelar juara dunia keduanya di kelas 250cc. [ 1 ] Emilio Alzamora menjadi satu -satunya pembalap yang memenangkan kejuaraan dunia dengan tanpa memenangi balapan satupun pada saat ia berhasil mengambil juara dunia kelas 125cc dari Marco Melandri dan dengan selisih 5 kemenangan dari mereka. [ 1 ]
Kalender
Berikut ini adalah Jadwal Grand Prix untuk Musim 1999: [ 2 ]
†† = Balapan hari Sabtu
Perubahan jadwal
- Grand Prix Jepang dan Grand Prix Malaysia bertukar tempat, dengan Malaysia yang menjadi tuan rumah pada ronde pembuka , kemudian Jepang pada ronde ke 2.
- Grand Prix Malaysia berpindah tempat dari ke circuit baru Sepang International Circuit .
- Grand Prix Madrid dikeluarkan dari kalendar, bersamaan dengan selesainya pembangunan Circuit Ricardo Tormo , yang dimana akan menjadi tuan rumah Grand Prix Valencia tahun ini.
- Grand Prix Afrika Selatan dan Grand Prix Rio de Janeiro kembali ditambahkan ke dalam kalendar. Grand Prix Rio dibatalkan pada tahun lalu karena beberapa masalah, sementara Grand Prix Afrika Selatan tidak masuk di kalendar sejak tahun 1992. Saat balapan kembali ke Afrika Selatan saat itu (tahun 1992), balapan diselenggarakan di Kyalami .
- Grand Prix Jepang berpindah tempat dari Suzuka Circuit ke circuit baru Twin Ring Motegi karena kekurangan tawaran.
Peserta
Peserta 500cc
|
|
Hasil Grand Prix
500cc
†† = Balapan hari Sabtu
250cc
†† = Balapan hari Sabtu
Klasemen Kejuaraan
500cc
Klasemen Pembalap
- Sistem poin
Poin akan didapatkan oleh 15 pembalap teratas. Pembalap harus finish untuk bisa mendapatkan poin.
Posisi | 1st | 2nd | 3rd | 4th | 5th | 6th | 7th | 8th | 9th | 10th | 11th | 12th | 13th | 14th | 15th |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Poin | 25 | 20 | 16 | 13 | 11 | 10 | 9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 |
|
Tebal
– Pole position
|
Klasemen Konstruktor
Pos | Konstruktor |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Poin |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
![]() |
3 | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 4 | 1 | 2 | 4 | 5 | 338 |
2 |
![]() |
2 | 3 | 2 | 5 | 2 | 7 | 5 | 4 | 3 | 4 | 3 | 1 | 2 | 1 | 1 | 2 | 280 |
3 |
![]() |
1 | 1 | 13 | Ret | 5 | 6 | 2 | 8 | 1 | 3 | 6 | 2 | 8 | 7 | 3 | 1 | 231 |
4 |
![]() |
13 | Ret | Ret | 3 | 4 | 4 | 11 | 3 | 7 | 5 | 13 | 11 | Ret | 15 | 12 | 11 | 104 |
5 |
![]() |
Ret | 13 | 8 | Ret | 10 | 8 | 13 | 10 | 12 | 11 | 14 | Ret | 12 | 13 | 10 | 10 | 64 |
6 |
![]() |
15 | 14 | 12 | 13 | 11 | 10 | 9 | Ret | 6 | 13 | 12 | Ret | 11 | 12 | 15 | 15 | 56 |
7 |
![]() |
12 | 19 | 16 | Ret | 14 | Ret | 17 | Ret | 16 | 15 | 15 | 14 | 13 | 16 | 14 | 14 | 17 |
![]() |
DNQ | 18 | DNQ | DNQ | 0 | |||||||||||||
![]() |
Ret | Ret | 0 | |||||||||||||||
Pos | Konstruktor |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Poin |
250cc
Klasemen Pembalap
- Sistem penilaian
Poin diberikan kepada lima belas finisher teratas. Seorang pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.
Posisi | 1st | 2nd | 3rd | 4th | 5th | 6th | 7th | 8th | 9th | 10th | 11th | 12th | 13th | 14th | 15th |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Poin | 25 | 20 | 16 | 13 | 11 | 10 | 9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 |
|
Tebal
– Pole position
|
Klasemen Konstruktor
Pos | Konstruktor |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Poin |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
![]() |
5 | 4 | 1 | 4 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 3 | 338 |
2 |
![]() |
1 | 2 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 2 | 2 | 3 | 1 | 1 | 3 | 4 | 2 | 2 | 326 |
3 |
![]() |
3 | 1 | 12 | 2 | 5 | 4 | 5 | 3 | 4 | 4 | 3 | 4 | 2 | 2 | 4 | 1 | 249 |
4 |
![]() |
11 | 10 | 10 | 8 | 10 | 10 | 10 | 9 | 6 | 12 | 11 | 9 | 10 | 8 | 10 | 8 | 104 |
Pos | Konstruktor |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Poin |
125cc
Klasemen Pembalap
- Sistem penilaian
Poin diberikan kepada lima belas finisher teratas. Seorang pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.
Posisi | 1st | 2nd | 3rd | 4th | 5th | 6th | 7th | 8th | 9th | 10th | 11th | 12th | 13th | 14th | 15th |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Poin | 25 | 20 | 16 | 13 | 11 | 10 | 9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 |
|
Tebal
– Pole position
|
Klasemen Konstruktor
Pos | Konstruktor |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Poin |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
![]() |
1 | 1 | 1 | 3 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 3 | 1 | 1 | 367 |
2 |
![]() |
3 | 12 | 4 | 1 | 1 | 1 | 3 | 4 | 4 | 4 | 3 | 1 | 4 | 1 | 4 | 3 | 271 |
3 |
![]() |
13 | 4 | Ret | 18 | 22 | Ret | 6 | 7 | Ret | 5 | 9 | Ret | 3 | 7 | 10 | 9 | 91 |
4 |
![]() |
5 | DNQ | 11 | ||||||||||||||
![]() |
Ret | Ret | 0 | |||||||||||||||
Pos | Konstruktor |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Poin |
Referensi
- ^ a b c d e Noyes, Dennis; Scott, Michael (1999), Motocourse: 50 Years Of Moto Grand Prix , Hazleton Publishing Ltd, ISBN 1-874557-83-7
- ^ "MotoGP Calendar" . www.yamaha-racing.com . Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juni 2018 . Diakses tanggal 9 Juli 2022 .
- ^ "Podium: race winner Mick Doohan, second place Carlos Checa, third place Alex Criville at 500cc: Malaysian GP" . Motorsport.com . Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-12 . Diakses tanggal 2022-07-09 .
- ^ "Podium: race winner Mick Doohan, second place Carlos Checa, third place Alex Criville at 500cc: Malaysian GP" . Motorsport.com . Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-12 . Diakses tanggal 2022-07-09 .
- ^ "motogp.com · 500cc World Standing 1999" . www.motogp.com . Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-05 . Diakses tanggal 2022-07-09 .
- ^ "500cc Grand Prix entry list for 1999" . Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-29 . Diakses tanggal 2022-07-09 .
- ^ "Gran Premio Marlboro de Argentina – 500cc – World Championship Classification" (PDF) . MotoGP.com . Dorna Sports . 31 Oktober 1999. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2022-08-12 . Diakses tanggal 27 November 2016 .
- ^ "motogp.com · 250cc World Standing 1999" . www.motogp.com . Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-25 . Diakses tanggal 2023-03-12 .
- ^ "Gran Premio Marlboro de Argentina – 250cc – World Championship Classification" (PDF) . MotoGP.com . Dorna Sports . 31 Oktober 1999. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2022-08-12 . Diakses tanggal 27 November 2016 .
- ^ "motogp.com · 125cc World Standing 1999" . www.motogp.com . Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-05 . Diakses tanggal 2023-03-12 .
- ^ "Gran Premio Marlboro de Argentina – 125cc – World Championship Classification" (PDF) . MotoGP.com . Dorna Sports . 31 Oktober 1999. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2022-08-12 . Diakses tanggal 27 November 2016 .