Halte Transjakarta | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
![]() |
|||||||||||||
Letak | |||||||||||||
Kota | Kota Bekasi | ||||||||||||
Desa/kelurahan | Medan Satria, Medan Satria | ||||||||||||
Kodepos | 17132 | ||||||||||||
Alamat | Jalan Sri Sultan Hamengku Buwono IX | ||||||||||||
Koordinat | 6°11′39″S 106°58′24″E / 6.1942002°S 106.9731984°E | ||||||||||||
Desain Halte | |||||||||||||
Jenis bangunan | Dua bangunan halte dengan area berbayar terpisah | ||||||||||||
Tingkat | 1 tingkat | ||||||||||||
Elevasi | Sebidang jalan raya | ||||||||||||
Posisi | Tepi jalan | ||||||||||||
Pintu masuk | Melalui zebra cross di dekat Gerbang Harapan Indah | ||||||||||||
Gerbang tarif | Tidak | ||||||||||||
Fasilitas Sepeda | Tidak | ||||||||||||
Informasi lain | |||||||||||||
Pemilik | Damai Putra Group | ||||||||||||
Nama lain |
Gerbang Harapan Indah
Harapan Indah |
||||||||||||
Status | Tidak beroperasi | ||||||||||||
Dibuka | 22 Mei 2014 | ||||||||||||
Layanan | |||||||||||||
|
|||||||||||||
Lokasi pada peta | |||||||||||||
![]() |
Kota Harapan Indah adalah halte bus nonaktif Transjakarta yang terletak di Jalan Boulevard Harapan Indah, Kelurahan Medan Satria , Medan Satria , Kota Bekasi . Halte yang berada di ekstensi Koridor 2 Transjakarta yang membentang dari barat ke timur ini merupakan titik awal ke arah Halte Pulo Gadung atau titik akhir dari arah sebaliknya, sebelum akhirnya diperpanjang ke Transera Harapan Indah. Halte paling barat di Kota Bekasi ini menjadi satu-satunya halte rute 2B, bahkan Koridor 2 secara keseluruhan yang kedua sisinya terpisah (tidak termasuk Halte Gambir 1 dan 2 yang walaupun haltenya berdekatan, tetapi tidak berseberangan, bahkan tidak berada di jalan yang sama). Nama halte ini berasal dari nama kompleks perumahan yang berada di dekatnya, yaitu Kota Harapan Indah.
Kedua bangunan Halte Kota Harapan Indah ini, bersama 7 halte lainnya, dibangun melalui kerja sama antara Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Dishub Kota Bekasi, serta pengembang Perumahan Kota Harapan Indah Bekasi, Damai Putra Group. Pembukaan halte-halte tersebut diiringi dengan pengoperasian 5 armada bus Perum PPD berpintu tunggal sebagai perpanjangan rute Koridor 2 hingga Jalan Bekasi Raya, Ujung Menteng, dengan halte ini yang menjadi terminus awal sebelum diperpanjang ke Halte Harapan Indah dan kemudian Halte Pasar Modern Harapan Indah . Perpanjangan ini ditujukan untuk dapat memenuhi kebutuhan penumpang dari Kota Bekasi sebagai kota penyangga. Tetapi wacana ini batal dan tidak dilanjutkan kembali, bahkan setelah semua halte ekstensi selesai dibangun. [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]
PT Transjakarta mengoperasikan rute non-BRT 2B ( Transera Harapan Indah — Pulo Gadung ) serta beberapa rute lainnya yang menopang mobilitas masyarakat di sepanjang Jalan Bekasi Raya, Cakung, Ujung Menteng, hingga Harapan Indah. Rute tersebut sempat dilayani hanya di dalam Halte Kota Harapan Indah 2, sedangkan Halte Kota Harapan Indah 1 tidak digunakan. Layanan rute 2B kemudian dipindah ke luar halte, yakni pada plang bus stop Gerbang Harapan Indah (Kota Harapan Indah 1) dan Kota Harapan Indah 2 yang berada di sisi Jalan Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Dahulu sebelum Halte Transera Harapan Indah tersebut dan Halte Kota Harapan Indah 1, terdapat Halte Pasar Modern Harapan Indah . Halte ini sempat beroperasi sebagai terminus rute 2B juga sebelum kemudian ditutup dan dibongkar untuk pembangunan terminal bus baru di Harapan Indah
Layanan bus kota non-BRT
Jenis | Trayek | Tujuan | Catatan |
---|---|---|---|
Mikrotrans Transjakarta | JAK 40 | Terminal Pulo Gebang —Harapan Baru via Rawa Kuning | Di luar halte |
Tempat-tempat terdekat
- Kota Harapan Indah
Galeri
-
Halte Kota Harapan Indah 1 arah Transera, yang kini tidak beroperasi.
-
Peron sisi Halte Kota Harapan Indah 1.
Referensi
- ^ Sasongko, Agung (2014-05-16). "Rute Koridor 2 Transjakarta Diperpanjang Hingga Ujung Menteng" . Republika Online . Jakarta. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-12 . Diakses tanggal 2023-09-17 .
- ^ "Transjakarta trayek Pulogadung-Kota Harapan Indah Bekasi Efektif Awal Juni" . Wartakotalive.com . Diakses tanggal 2025-03-21 .
- ^ Rachmita, Fani (2012-04-25). "DKI Kucurkan Rp40 Miliar untuk Pembangunan Halte Busway Baru" . Institute for Transportation and Development Policy (dalam bahasa Inggris) . Diakses tanggal 2025-03-21 .
Pranala luar