![]() |
Artikel ini sudah memiliki
daftar referensi
, bacaan terkait, atau
pranala luar
, tetapi
sumbernya belum jelas
karena belum menyertakan
kutipan pada kalimat
.
|
Literatur Rabinik | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
![]() |
||||||||||||
Literatur Talmudik | ||||||||||||
|
||||||||||||
|
||||||||||||
Midrash Aggadah | ||||||||||||
|
||||||||||||
Targum | ||||||||||||
|
||||||||||||
![]() ![]() ![]() |
Talmud ( bahasa Ibrani : תלמוד) adalah catatan tentang diskusi para rabi yang berkaitan dengan hukum Yahudi , , kebiasaan dan sejarah. Talmud mempunyai dua komponen: Mishnah , yang merupakan kumpulan Hukum Lisan Yudaisme pertama yang ditulis; dan Gemara , diskusi mengenai Mishnah dan tulisan-tulisan yang terkait dengan yang sering membahas topik-topik lain dan secara luas menguraikan Tanakh . Istilah Talmud dan Gemara sering kali digunakan bergantian. Gemara adalah dasar dari semua aturan dari hukum rabinik dan banyak dikutip dalam literatur rabinik yang lain. Keseluruhan Talmud biasanya juga dirujuk sebagai bahasa Ibrani : ש״ס ( Shas ; baca: Syas), singkatan bahasa Ibrani untuk shishah sedarim , atau "enam tatanan" Mishnah.
Asal usul
Studi keyahudian pada mulanya tidak tertulis (lisan). Para rabbi menguraikan dan memperdebatkan hukum serta membahas Alkitab Ibrani tanpa bantuan karya-karya tertulis (selain dari kitab-kitab di dalam Kitab Suci sendiri.) Namun, situasi ini berubah secara drastis terutama sebagai akibat penghancuran komunitas Yahudi pada tahun 70 M, dan pergolakan norma-norma sosial dan hukum Yahudi yang ditimbulkannya. Karena para rabi dituntut menghadapi realitas yang baru—yang utamanya Yudaisme tanpa Bait Suci dan Yudea tanpa otonomi—membanjirlah wacana hukum dan sistem studi oral yang lama tidak dapat lagi dipertahankan. Pada masa inilah wacana rabinik mulai dicatat secara tertulis.
Hukum lisan tertua yang dicatat kemungkinan dalam bentuk midrashi . Di sini diskusi halakhik disusun sebagai tafsiran eksegetis terhadap Pentateukh . Tetapi sebuah bentuk alternatifnya, yang disusun menurut topiknya dan bukan menurut ayat-ayat Alkitab, menjadi dominan pada sekitar tahun 200 M., ketika meredaksi Mishnah (משנה).
Mishnah
Mishnah (משנה) adalah kompilasi pandangan dan perdebatan hukum. Namanya sendiri berarti "redaksi", dari kata kerja shanah שנה, yang berarti "mengulangi" atau "meninjau". Nama ini mungkin merupakan petunjuk pada metode studi wacana rabinik dengan cara mengulang-ulang secara lisan.
Pernyataan-pernyataan dalam Mishnah biasanya singkat dan padat, mencatat pandangan-pandangan singkat dari para rabi yang memperdebatkan sebuah topic, atau mencatat sebuah peraturan yang tidak disebutkan sumbernya, yang tampaknya mewakili sebuah pandangan consensus. Para rabi Mishnah dikenal sebagai Tannaim (tunggal: Tanna תנא).
Berbeda dengan Midrash, Mishna hanyalah sebuah catatan dari kumpulan halakha (yang lainnya adalah ), namun demikian, penataannya menurut topic menjadi kerangka bagi Talmud secara keseluruhan.
Struktur dan isi
Mishna terdiri atas enam tatanan ( sedarim , tunggal: seder סדר). Masing-masing dari tatanannya mengandung antara 7 dan 12 traktat, yang disebut masechtot (tunggal: masechet מסכת; harafiah: "jaringan"). Masing-masing masechet dibagi menjadi bab-bab ( peraqim ) yang terdiri dari unit-unit yang lebih kecil yang disebut mishnayot (tunggal: mishnah ). Tidak setiap traktat dalam Mishnah mempunyai padanan Gemaranya. Selain itu, tatanan traktat dalam Talmud berbeda dalam kasus-kasus tertentu dengan tatanan di dalam Mishnah; lih. diskusi pada masing-masing Seder.
- Tatanan Pertama: ("Benih"). 11 traktat. Membahas doa dan berkat, tithes, dan hukum-hukum pertanian .
- Tatanan Kedua: ("Hari-hari Raya"). 12 traktat. Berkaitan dengan hukum-hukum Sabat dan Hari-hari Raya.
- Tatanan Ketiga: ("Perempuan"). 7 traktat. Berkaitan dengan pernikahan dan perceraian, beberapa bentuk sumpah dan hukum-hukum tentang orang Nazir.
- Tatanan Keempat: ("Ganti rugi"). 10 traktat. Berkaitan dengan hukum sipil dan kriminal, cara kerja pengadilan dan sumpah.
- Tatanan Kelima: ("Hal-hal yang suci"). 11 traktat. Berkaitan dengan ritus-ritus korban, Bait Suci , dan hukum-hukum yang mengatur apa yang boleh dan tak boleh dimakan .
- Tatanan Keenam: ("Kesucian"). 12 traktat. Berkaitan dengan hukum-hukum ritual kesucian.
|
|||||||||
(זרעים) | (מועד) | (נשים) | (נזיקין) | (קדשים) | (טהרות) | ||||
• • • Kil'ayim • • Terumot • • • • Orlah • | • • • • • • • • • Megillah • • | • • • • • • | • • • • • • • Avodah Zarah • • | • • • • • • • • • • | • • • • • • • • • • • |
Beraita
Selain Mishnah, karya-karya Tannaim lainnya dicatat pada kira-kira waktu yang bersamaan atau tak lama sesudah itu. Gemara sering kali merujuk kepada pernyataan-pernyataan Tannaim untuk membandingkannya dengan apa yang terdapat di dalam Mishna dan mendukung atau membantah proposisi-proposisi dari Amoraim . Semua sumber Tannaim non-Mishna disebut (harafiah: bahan-bahan luar, "Karya-karya di luar Mishna"; tunggal: beraita ברייתא).
Beraita mencakup , sebuah kumpulan Tannaim dari halakha yang sejajar dengan Mishna; dan , khususnya Mekhilta, Sifra dan Sifre .
Gemara
- Lihat Gemara untuk diskusi lebih lanjut.
Dalam tiga abad setelah peredaksian Mishna, para rabi di seluruh Palestina dan Babilonia menganalisis, memperdebatkan, dan mendiskusikan karya itu. Diskusi-diskusi ini membentuk Gemara (גמרא). Gemara terutama terpusat pada upaya menjelaskan dan menguraikan pandangan-pandangan dari Tannaim. Para rabi Gemara dikenal sebagai Amoraim (tunggal: Amora אמורא). Gemara berarti “kesempurnaan,” dari gamar גמר: bahasa Ibrani menyelesaikan, menyempurnakan; bahasa Aram mempelajari.
Metodologi
Banyak dari Gemara terdiri atas analisis hukum. Titik tolak untuk analisis ini biasanya adalah suatu pernyataan legal yang ditemukan di dalam sebuah Mishna. Pernyataan ini kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan pernyataan-pernyataan lain dalam dialog dialektis di antara kedua pihak yang bertikai (yang sering kali anonim dan kadang-kadang metaforik), yang diistilahkan sebagai makshan (penanya) dan tartzan (penjawab).
Tanya jawb ini membentuk "bangunan" gemara; nama dari sebuah paragraf gemara adalah sugya (סוגיא; jamak:: sugyot ). Sugya biasanya terdiri atas sebuah uraian yang terinci dan didasarkan bukti tentang sebuah pernyataan mishnah.
Dalam sebuah sugya tertentu, pernyataan-pernyataan Kitab Suci, Tannaim dan Amoraim diangkat untuk mendukung berbagai pandangan. Dengan demikian, gemara akan menghasilkan ketidaksepakatan semantik antara Tannaim dan Amoraim (yang sering kali menyebutkan bahwa suatu pandangan dikeluarkan oleh seseorang yang berwibawa dan tentang bagaimana ia mestinya akan menjawab suatu pertanyaan), dan membandingkan padnangan-pandangan Mishna dengan bagian-bagian dari . Jarang sekali perdebatan-perdebatan itu ditutup dengan resmi. Dalam banyak kasus, kata yang terakhir menentukan hukum praktisnya, meskipun ada banyak pengecualian terhadap prinsip ini. Lihat Gemara untuk pembahasan lebih lanjut.
Halakha dan Haggadah
Talmud terdiri dari banyak sekali bahan dan menyinggung banyak sekali topik. secara tradisional pernyataan-pernyataan talmudik dapat digolongkan ke dalam dua kategori besar, pernyataan-pernyataan Halakha dan Hagaddah . Pernyataan-pernyataan Halakha adalah yang berkaitan langsung dengan soal-soal hukum dan praktik Yahudi ( Halakha ). Pernyataan-pernyataan Haggadah adalah yang tidak terkait secara legal, melainkan yang bersifat eksegetis, homiletis, etis, atau historis. Lihat Haggadah untuk pembahasan lebih lanjut.
Versi Talmud
Proses "Gemara" berlangsung di dua pusat Studi Yahudi yang utama, Israel dan Babilonia . Sejalan dengan itu, dua kumpulan analisis berkembang, dan dua karya Talmud pun terbentuk. Kompilasi yang lebih tua disebut Talmud Palestina atau Talmud Yerushalmi . Talmud ini dikompilasi sekitar abad keempat di Palestina. Talmud Babilonia disusun sekitar tahun 500 M., meskipun ia terus disunting di kemudian hari. Kata "Talmud", ketika digunakan tanpa keterangan, biasanya merujuk kepada Talmud Babilonia.
Talmud Yerushalmi (Talmud Yerusalem)

Gemara di sini adalah sinopsis dari hampir 200 tahun analisis atas Mishna di Akademi-akademi di Israel (terutama Tiberias dan Kaisarea .) Karena lokasi Akademi-akademi ini, hukum-hukum agrikultur Tanah Israel dibahas secara sangat terinci. Menurut tradisi, Gemara diredaksi pada tahun 350 M oleh Rav Muna dan Rav Yossi di Israel. Gemara dirujuk secara tradisional sebagai Talmud Yerushalmi (Talmud Yerusalem). Namun nama ini sebetulnya keliru, karena Gemara tidak ditulis di Yerusalem. Karena itu Gemara juga dikenal secara lebih akurat sebagai Talmud negeri Israel .
Gemara ditulis dalam bahasa Ibrani dan dialek Aram barat yang berbeda dengan padanan Babilonianya.
Talmud Bavli (Talmud Babel)
Talmud Bavli ("Talmud Babel" atau "Talmud Babilonia") terdiri dari Mishnah dan Gemara Babilonia. Gemara ini adalah sinopsis dari analisis selama 300 tahun lebih atas Mishna di Akademi-akademi Babilonia. Menurut tradisi, Talmud ini diedit oleh dua orang bijak Babilonia, Rav Ashi dan Ravina .
Pertanyaan tentang kapan Gemara akhirnya muncul dalam bentuknya yang sekarang belum terjawab oleh para ilmuwan modern. Sebagian dari teksnya baru mencapai bentuk finalnya setelah sekitar tahun 700 . Menurut tradisi, para rabi yang menyunting talmud setelah akhir periode Amora disebut Saboraim atau Rabanan Saborai . Para sarjana modern juga menggunakan istilah Stammaim (bahasa Ibrani = sumber tertutup, kabur atau tidak disebutkan) untuk para pengarang pernyataan-pernyataan yang tidak disebutkan sumbernya dalam Gemara. (Lihat era dalam hukum Yahudi .)
Lihat pula
Referensi
Umum
- Maimonides Introduction to the Mishneh Torah ( English translation )
- Maimonides Introduction to the Commentary on the Mishnah ( Hebrew Fulltext ), transl. Zvi Lampel (Judaica Press, 1998). ISBN 1-880582-28-7
- The Talmud: A Reference Guide (Random House, 1996). ISBN 0-679-77367-3
- The Essential Talmud (Basic Books, 1984). ISBN 0-465-02063-1 ; see also here Diarsipkan 2006-05-25 di Wayback Machine .
- "Mevo Hatalmud" , transl. Jacob Shachter: The Students' Guide Through The Talmud (Yashar Books, 2005). ISBN 1-933143-05-3
- Introduction to the Talmud , in Aryeh Carmell Aiding Talmud Study (Philipp Feldheim, 1986). ISBN 0-87306-428-3
- Nathan T. Lopes Cardozo The Infinite Chain: Torah, Masorah, and Man (Philipp Feldheim, 1989). ISBN 0-944070-15-9
- D. Landesman A Practical Guide to Torah Learning (Jason Aronson, 1995). ISBN 1-56821-320-4
- Aaron Parry The Complete Idiot's Guide to The Talmud (Alpha Books, 2004). ISBN 1-59257-202-2
- R. Travers Herford Christianity in Talmud and Midrash (Ktav Pub Inc, 1975). ISBN 0-87068-483-3
Studi Sejarah
- Shalom Carmy (Ed.) Modern Scholarship in the Study of Torah: Contributions and Limitations Jason Aronson, Inc.
- , "How Much of the Babylonian Talmud is Pseudepigraphic?" Journal of Jewish Studies 28, No. 1 (1977), pp. 46–59
- Richard Kalmin Sages, Stories, Authors and Editors in Rabbinic Babylonia Brown Judaic Studies
- David C. Kraemer, On the Reliability of Attributions in the Babylonian Talmud, Hebrew Union College Annual 60 (1989), pp. 175–90
- Lee Levine, Ma'amad ha-Hakhamim be-Erez Yisrael (Jerusalem: Yad Yizhak Ben-Zvi, 1985), (=The Rabbinic Class of Roman Palestine in Late Antiquity)
- Saul Lieberman Hellenism in Jewish Palestine (New York: Jewish Theological Seminary, 1950)
- " 'The Written' as the Vocation of Conceiving Jewishly". ISBN 0-595-40488-X
- Jacob Neusner Sources and Traditions: Types of Compositions in the Talmud of Babylonia (Atlanta: Scholars Press, 1992).
- Mekorot u-Mesorot: Eruvin-Pesahim (Jerusalem: Jewish Theological Seminary, 1982)
- David Bigman, Finding A Home for Critical Talmud Study ,
Pranala luar
Umum
- Talmud , jewishencyclopedia.com
- Talmud Commentaries , jewishencyclopedia.com
- Jewish History: Talmud Diarsipkan 2014-11-18 di Wayback Machine ., aish.com
- Talmud/Mishna/Gemara , jewishvirtuallibrary.org
- Jewish Law Research Guide Diarsipkan 2005-04-04 di Wayback Machine ., Law Library
- A survey of rabbinic literature ,
Sumber teks lengkap
- Mishna
- Tosefta
- Talmud Yerushalmi
- Talmud Bavli
- Rodkinson English translation (1903, parts only).
- Images of each page of the Babylonian Talmud .
- Talmud computerized synopsis of multiple manuscripts Diarsipkan 2007-03-11 di Wayback Machine .
Layout Talmudik
- "A Page from the Babylonian Talmud" Diarsipkan 2009-10-16 di Wayback Machine . from Prof. Eliezer Segal
- Talmud and its Shape: colour coded daf , upenn.edu
- A page of Talmud Diarsipkan 2006-08-31 di Wayback Machine . from the World Union of Jewish Students (WUJS)
- A Tour of the English-language Steinsaltz Edition of the Talmud page Diarsipkan 2009-02-28 di Wayback Machine .
- point by point summary and discussion by daf
Berkaitan dengan program "Daf Yomi"
- Sephardic Rabbi Eli Mansour's Daily Gemara Page - Daf Yomi
- A general resource for Daf Yomi
- Calendar for this Daf Yomi cycle
- Mishnah corresponding to the daily Daf Diarsipkan 2005-12-10 di Wayback Machine .
- Daf-A-Week: A project to study a daf per week
- Rabbi Adin Steinsaltz's Daily Insights on Daf Yomi Diarsipkan 2008-04-23 di Wayback Machine .
Bantahan terhadap tuduhan bahwa Talmud bersifat anti-Semit
- The Talmud in Anti-Semitic Polemics Diarsipkan 2010-08-05 di Wayback Machine ., Anti-Defamation League .
- The Real Truth about the Talmud
- Mishpocha Diarsipkan 2008-03-28 di Wayback Machine .
- Pemalsu Talmud
Suara
- Shiurim on the Talmud , mp3shiur.com